Monday, November 19, 2012

Akun Laporan Laba Rugi


Berikut adalah daftar chart of account di sisi kelompok income statement. Seperti yang kita lihat di bawah ini, chart of account di sisi neraca dikelompokkan lagi menjadi dua kelompok utama.  Antara lain kelompok pendapatan dan beban.
Kelompok revenue mencerminkan semua pendapatan yang didapatkan dari usaha utama perusahaan. Apabila bisnis utamanya jual beli barang, maka di sisi revenue mencatat penjulalan yang terjadi selam periode yang telah ditentukan. Kemudian di kelompok revenue juga tercatat cost of merchandise sold. Kedua account tersebut merupakan account standar dari bisnis merchandising, dan manufacturing. Sedangkan untuk bisnis jasa, cost of merchandise sold tidak perlu ada.
Dari sisi expense merupakan kelompok account yang merupakan biaya utama dari bisnis yang dijalankan. Setiap pendapatang yang kita dapatkan dari bisnis yang kita jalankan, pasti terdapat biaya untuk mendapatkannya. Account yang ada di income statement biasanya hampir sama untuk setiap jenis bisnis yang kita lakukan. Mengapa setiap bisnis yang dilakukan mempunyai account expense yang hampir sama? Karena kelompok account yang ada di kelompok expense merupakan biaya yang lumrah yang minimal ada di dalam perjalanan bisnis seseorang. Kita dapat ambil contoh biaya listrik, air, sewa bangunan. Semua account tersebut merupakan biaya dasar agar suatu bisnis dapat berjalan dengan lancer. Mungkin ada beberapa account di chart of account yang berbeda, semisal insurance expense, akan tetapi hampir yang lainnya semua sama.
Sebenarnya di dunia akuntansi chart of account merupakan suatu kesatuan dan tidak dipisah – piah menurut kelompok yang telah saya sebutkan, yaitu kelompok neraca maupun kelompok income statement. Akan tetapi agar mudah dipahami, maka saya jadikan per kelompok menurut financial statement yang ada. Untuk chart ot account yang sebenarnya dapat dilihat di sini.

REVENUE
Sales
Cost of merchandise sold

EXPENSE
Utilities expense
Depreciation expense
Rent expense
Insurance expense
Allowance expense
Other expense

OTHER REVENUE AND EXPENSE
Other revenue
Other expense

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►