Tuesday, November 6, 2012

Tips Tips Memulai Sistem Akuntansi Sederhana untuk Bisnis Anda


Akuntansi merupakan sebuah rangkaian sistem untuk menghasilkan sebuah informasi. Tentu tidak mudah untuk menerapkan sistem yang sempurna dalam praktek dunia bisnis kita. Tapi minimal harus rapi dalam pencatatan.
Tetapi tenang saja, hal tersebut dapat kita mulai dari hal-hal sederhana. Berikut tips-tips ringan yang saya berikan
1.       Biasakan menyimpan bukti pembayaran
Bukti pembayaran seperti struk pembelian di minimarket, struk transfer dari ATM, bukti transfer, kwitansi dan sebagainya. Begitupula dengan bukti-bukti pendapatan kita. Dokumen dokumen sederhana ini sangat penting mengingat dalam pencatatan kita harus mengacu pada dokumen sumber.
2.       Arsipkan bukti-bukti tadi secara teratur
Tentu akan sangat banyak bukti pembayaran apabila bisnis telah berkembang. Ini memerlukan pengarsipan yang baik. Cara pengarsipan yang mudah adalah mengelompokkannya berdasarkan karakter tertentu. Bisa berdasarkan tanggal, supplier, atau jenis pembelian barang. Jangan lupa ya, untuk mengurutkan arisp dalam penyimpanan nya. Satukan dalam order, atu file tersendiri berdasarkan karakter tadi.
3.       Lakukan secara disiplin pencatatan harian
Banyak orang yang telah melakukannya, namun sedikit yang melakukannya secara sistematis. Mulai sekarang, mari mencoba melakukannya dengan sistemtais. Untuk prinsipnya, pencatatan harus berdasarkan dokumen sumber (bukti pembayaran, kuitansi, etc), yang tidak lain adalah point satu diatas. Pencatatan dilakukan setiap kali ada transaksi. Apabila merasa repot, pencatatan bisa dilakukan di akhir hari kerja.
Lalu apa saja yang perlu di catat? setiap uang yang keluar dan masuk, jelas. Setiap barang persediaan yang masuk, jelas juga. Order an yang masuk, jelas juga. Dan jangan lupa, barang jadi siap jual yang akan dititipkan ke pihak ketiga. Jangan lupa keterangannya nya ya, untuk setiap pencatatan tadi.
Itu simpelnya ya rekan-rekan, untuk yang lebih advance akan kita bahas kemudian.
4.       Buat laporan secara periodik
Untuk laporan keuangan yang sederhana, yang penting adalah melaporkan apa-apa saja yang merupakan asset kita, hutang kita, dan modal yang kita miliki. Apa saja yang termasuk aset, hutang dan modal? Klik disini.
Jangan lupa, laporan dibikin secara periodik, baiknya secara bulanan. Untuk contoh laporan keuangan sederhana klik disini. Angka-angka yang ada dilaporan keuangan merupakan hasil dari penjumlahan transaksi selama satu bulan, yang telah kita catat sesuai tips nomor tiga.
Demikian tips dari saya, kalau ada yang punya tips lebih oke, mohon komennya ya rekan-rekan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post