Akuntansi merupakan sebuah rangkaian sistem untuk
menghasilkan sebuah informasi. Tentu tidak mudah untuk menerapkan sistem yang
sempurna dalam praktek dunia bisnis kita. Tapi minimal harus rapi dalam
pencatatan.
Tetapi tenang saja, hal tersebut dapat kita mulai dari
hal-hal sederhana. Berikut tips-tips ringan yang saya berikan
1.
Biasakan menyimpan bukti pembayaran
Bukti pembayaran seperti struk pembelian di minimarket, struk transfer
dari ATM, bukti transfer, kwitansi dan sebagainya. Begitupula dengan
bukti-bukti pendapatan kita. Dokumen dokumen sederhana ini sangat penting
mengingat dalam pencatatan kita harus mengacu pada dokumen sumber.
2.
Arsipkan bukti-bukti tadi secara teratur
Tentu akan sangat banyak bukti pembayaran apabila bisnis telah
berkembang. Ini memerlukan pengarsipan yang baik. Cara pengarsipan yang mudah
adalah mengelompokkannya berdasarkan karakter tertentu. Bisa berdasarkan
tanggal, supplier, atau jenis pembelian barang. Jangan lupa ya, untuk
mengurutkan arisp dalam penyimpanan nya. Satukan dalam order, atu file
tersendiri berdasarkan karakter tadi.
3.
Lakukan secara disiplin pencatatan harian
Banyak orang yang telah melakukannya, namun sedikit yang melakukannya
secara sistematis. Mulai sekarang, mari mencoba melakukannya dengan sistemtais.
Untuk prinsipnya, pencatatan harus berdasarkan dokumen sumber (bukti
pembayaran, kuitansi, etc), yang tidak lain adalah point satu diatas. Pencatatan
dilakukan setiap kali ada transaksi. Apabila merasa repot, pencatatan bisa
dilakukan di akhir hari kerja.
Lalu apa saja yang perlu di catat? setiap uang yang keluar dan masuk,
jelas. Setiap barang persediaan yang masuk, jelas juga. Order an yang masuk,
jelas juga. Dan jangan lupa, barang jadi siap jual yang akan dititipkan ke
pihak ketiga. Jangan lupa keterangannya nya ya, untuk setiap pencatatan tadi.
Itu simpelnya ya rekan-rekan, untuk yang lebih advance akan kita bahas
kemudian.
4.
Buat laporan secara periodik
Untuk laporan keuangan yang sederhana, yang penting adalah melaporkan
apa-apa saja yang merupakan asset kita, hutang kita, dan modal yang kita
miliki. Apa saja yang termasuk aset, hutang dan modal? Klik disini.
Jangan lupa, laporan dibikin secara periodik, baiknya secara bulanan.
Untuk contoh laporan keuangan sederhana klik
disini. Angka-angka yang ada dilaporan keuangan merupakan hasil dari
penjumlahan transaksi selama satu bulan, yang telah kita catat sesuai tips
nomor tiga.
Demikian tips dari saya, kalau ada yang punya tips lebih
oke, mohon komennya ya rekan-rekan. Semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment