Monday, November 12, 2012

Manfaat Laporan Keuangan 2


Kemudian berapa banyak hutang yang kita miliki dapat juga kita ketahui dalam laporan keuangan. Mengapa kita perlu mengetahui hutang yang kita miliki? Pada dasarnya ada dua hal yang menjadikan pengetahuan tentang utang menjadi esensial. Pertama adalah untuk mengecek kekayaan yang kita milik apakah dari hasil usaha kita yang memberikan keuntungan dan investasi yang baik, atau sebaliknya kekayaan kita justru berasal dari hutang kita kepada orang lain. Dengan kata lain dengan laporan keuangan khususnya neraca, maka dapat kita ketahui apakah kekayaan kita itu kekayaan asli atau kekayaan bohongan. Pentingnya mengetahui hutang kita yang kedua adalah waktu pembayaran hutang kita tersebut. Di zaman sekarang ini hampir tidak ada hutang yang tidak ada tempelan bunganya. Bunga itu bertambah terus seiring dengan waktu kita tidak membayar hutang dan sebaliknya juga jika pembayaran tepat waktu kita akan mendapat pengurangan hutang bunga. Disinilah manfaat kita mengetahui jumlah hutang kita, sehingga kita dapat mémanage pembayaran hutang kita. Mana saja hutang yang perlu dibayar lebih dahulu dan mana hutang yang perlu kita tunda pembayarannya.
Setiap pengusaha pasti ingin mengetahui apakah bisnis dan usaha yang dijalankannya itu meraup untung atau tidak? Atau bahkan dia mengalami kerugian. Semuanya dapat diketahui dengan gampang melalui laporan keuangan di bagian laba rugi. Selain itu laba rugi juga dapat memperlihatkan kepada kita keefektifan kegiatan bisnis kita.
Kemungkinan besar kita tidak terlalu memperhatikan yang namanya peredaran uang kita dalam kegiatan bisnis atau usaha yang kita jalankan. Yang penting bagi kita adalah apakah perusahaan atau bisnis kita untung atau rugi, itu saja. Padahal informasi peredaran uang perusahaan kita mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya. Dengan info peredaran uang, kita dapat mengetahui focus perusahaan kita baik di penerimaan maupun pengeluaran.
Kalau di bidang penerimaan kita dapat mengetahui darimana sumber kas yang kita terima. Apakah esensi dibalik kita mengetahui sumber penerimaan kas? Contohnya adalah jika bisnis utama yang kita jalankan adalah bisnis jual beli barang, akan tetapi penerimaan kas utama yang kita dapatkan ternyata dari penjualan asset, maka itu adalah suatu penyimpangan. Tentu saja penyimpangan itu perlu kita temukan dan perbaiki. Untuk menemukannya kita perlu laporan keungan di bagian arus kas.
Kemudian gabungan dari elemen – elemen laporan keuangan tersebut berguna dalam menilai keberlangsungan usaha yang kita jalankan. 

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►