Sunday, November 18, 2012

Akun Neraca


Berikut adalah daftar chart of account di sisi kelompok neraca. Seperti yang kita lihat di bawah ini, chart of account di sisi neraca dikelompokkan lagi menjadi tiga kelompok utama.  Antara lain kelompok asset, liabilities, dan equity.
Di sisi asset, tercantum daftar chart of account yang berisi seluruh komponen yang dimiliki oleh pebisnis dimana diharapkan bias memberikan manfaat di masa sekarang maupun di masa depan.
Sedangkan di sisi liabilities tercantum seluruh komponen yang menjadi tanggungan dari pemilik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
Equitas merupakan hasil pengurangan akan asset dengan liabilities. Equitas menampilkan kekayaan pemilik yang sebenarnya dan tidak terkait dengan jumlah hutang yang dimiliknya.
Chart of account yang kami tuliskan di bawah merupakan standar chart of account yang digunakan oleh perusahaan manufaktur dan chart of account ini tidakk menutup kemungkinan untuk digunakan oleh pebisnis kecil dengan beberapa penyesuaian yang dianggap perlu. Hal ini dapat dianggap wajar apabila perubahan yang dilakukan tidak merubah esensi dari chart of account itu sendiri.
Sekalilagi kami sampaikan bahwa chart of account bukanlah sesuatu yang strict, jadi masih bias diubah – ubah baik dari segi jumlah akun maupun dari segi nama. Semua tergantung dari kebutuhan pemakai laporan nantinya. Akan tetapi untuk pebisnis kecil yang focus untuk menjadi perusahaan yang besar lebih baik mempertimbangkan memakai chart of account yang sudah banyak dipakai oleh umum, khususnya chart of account yang tercantum di aturan pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar kalau nantinya bisnisnya ssudah menjadi besar dan perlu untuk kepentingan perpajakan atau untuk go public tidak terlalu repot mengubah chart of accountnya menjadi chart of account yang standar dengan peraturan yang ada.
ASSETS
Cash
Account Receivable
Supplies
Inventory
Building
Machinery
Allowance for doubtfull account ( bias diabaikan )
Prepaid Insurance
Prepaid Rent
Equipment
Equipment Accumulation Depreciation
Building
Building Accumulation Depreciation
Machine
Machine Accumulation Depreciation
Land

LIABILITIES
Account Payable
Interest Payable
Notes Payable
Unearned fees

EQUITY
Retained Earnings
Common Stock ( untuk perusahaan besar yang sudah go public )

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►