Wednesday, November 14, 2012

Strategi Bisnis




Bisnis merupakan suatu hal yang gampang – gampang susah. Banyak orang yang mencari nafkah dengan menjalankan bisnis dan akhirnya berhasil. Akan tetapi ada banyak orang juga yang menjalankan bisnis dan belum juga berhasil. Hal itu merupakan sesuatu yang lumrah, dimana ada yang berhasil dan ada juga yang belum berhasil.
Kalau dilihat lebih jauh lagi factor keberhasilan suatu bisnis itu dipengaruhi oleh beberapa factor baik factor eksternal maupun factor internal. Semua itu berperan dalam keberhasilan suatu bisnis. Salah satu contoh dari factor eksternal adalah  peraturan pemerintah. Sedangkan contoh untuk factor internal yang mempengaruhi berhasil tidaknya suatu bisnis adalah strategi bisnis.
Strategi bisnis merupakan rangkaian rencana dan tindakan yang dibentuk dan dijalankan agar dapat bersaing dengan competitor, bahkan digunakan agar dapat mengalahkan competitor yang ujung – ujungnya mendapatkan keuntungan.
Semua orang yang menjalankan bisnis harus mempunyai strategi bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisis yang sudah berkembang besar. Untuk bisnis kecil, strategi bisnis sangatlah penting, karena ia adalah pemain yang masih muda dalam bisnis dan belum mempunyai goodwill yang baik di mata konsumen. Jadi satu – satunya cara agar bisnis kecil dapat bersaing adalah dengan strategi bisnis yang baik dan relevan.
Ada banyak jenis strategi bisnis yang dapat digunakan, akan tetapi dasar dari strategi bisnis yang banyak tersebut adalah strategi biaya rendah dan strategi diferensiasi. Masing – masing strategi bisnis tersebut ada keuntungan dan kelemahannya.
Strategi bisnis yang pertama adalah strategi biaya rendah. Strategi biaya rendah merupakan strategi dimana bisnis mendesain dan membuat produk atau jasa yang bisa diterima konsumen dalam hal kualitas dan dengan harga yang lebih rendah dari competitor competitor yang lain. Apakah hal ini bisa dilakukan? Tentu saja bisa dan sudah banyak contoh yang ada di sekitar kita. Kita ambil contoh saja produk handphone “local” Indonesia yang mampu bersaing dengan handphone – handphone branded yang sudah sejak lama berkuasa di Indonesia. Strategi bisnis yang dilakukan oleh produsen handphone local adalah dengan strategi biaya rendah. Mereka menawarkan produk dengan harga jual yang sangat murah akan tetapi dengan spesifikasi yang melebihi handphone branded dengan harga yang sama. Seiring dengan makin cerdasnya konsumen, mereka tidak asal memilih produk hanya dari brand-nya saja, akan tetapi mereka mulai melihat produknya itu sendiri.
Strategi bisnis yang kedua adalah strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi adalah strategi dimana bisnis mendesain dan membuat produk yang mempunyai keunikan dan spesifikasi yang berbeda dengan competitor lain walaupun pada dasarnya produknya sama, akan tetapi dengan keunikan yang dimiliki oleh produk tersebut, konsumen mau mengeluarkan harga yang lebih untuk mendapatkan produk tersebut. Contoh yang paling baru adalah bisnis kripik pedas yang belakangan mulai menanjak. Mereka membuat produk yang umum yaitu keripik singkong, akan tetapi yang membedakan produk ini dengan yang lain adalah produk keripik ini dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai packing yang bagus dan mempunyai level rasa pedas yang banyak sesuai dengan pilihan konsumen, perbedaaan inilah yang akhirnya membuat konsumen merasa tertarik untuk membeli produk ini, walaupun dari segi rasa tetap standar.
Strategi bisnis memang merupakan salah satu factor yang mempengaruhi berhasil tidaknya suatu usaha dari banyak factor yang ada. Akan tetapi untuk bisnis yang berskala kecil, strategi bisnis mempunyai andil yang cukup besar, sehingga kita sebagai orang – orang yang baru masuk dalam dunia bisnis tidak ada salahnya memperhatikan strategi bisnis kita.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►