Tuesday, November 20, 2012

Persamaan Akuntansi




Apakah persamaan akuntansi itu? Mungkin itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan orang yang belum paham betul mengenai akuntansi. Persamaan akuntansi merupakan suatu model matematika dari komponen – komponen akuntansi yang utama. Apakah komponen akuntasi itu? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, komponen – komponen akuntansi yang utama adalah asset, kewajiban, dan kekayaan.
Hubungan antara asset, kewajiban, dan kekayaan sebenarnya dapat kita lihat di neraca secara langsung. Di neraca dapat kita ketahui bahwa sisi asset itu merupakan penjumlahan dari kewajiban dan kekayaan. Untuk kelanjutan dari apa saja yang menjadi domain asset, domain  kewajiban dan domain kekayaan dapat dilihat di artikel sebelumnya. Akan tetapi secara singkat dapat kami jelaskan bahwa asset merupakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, kewajiban merupakan hak dari kreditur dimana merupakan hutang bagi bisnis. Sedangkan kekayaan merupakan hak yang dimiliki oleh pemilik bisnis.
ASET =KEWAJIBAN + KEKAYAAN
 
Persamaan akuntansi yang paling umum adalah sebagai berikut :
                                                                                                                                                          
Dari persamaan tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa asset merupakan gabungan dari kewajiban dan kekayaan perusahaan, jadi secara tidak langsung persamaan ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki asset yang besar belum tentu perusahaan itu baik. Perusahaan dengan asset yang besar bisa saja mendapat asset tersebut dari hutang ke pihak lain, sehingga secara semu terlihat asetnya sangat banyak, padahal yang sebenarnya kekayaan yang dimiliki atau porsi asset yang benar – benar dimilikinya sangat sedikit. Akan tetapi bisa juga sebaliknya dimana suatu perusahaan yang memiliki asset yang besar memiliki porsi kekayaan yang besar pula.
Dari persamaan umum yang ada di atas dapat ditarik atau dibuat persamaan turunannya. Persamaan turunan ini sumbernya juga berasal dari neraca. Untuk contoh dapat dilihat di sini.
Persamaan akuntansi berguna bagi para pemula di bidang akuntansi agar lebih cepat memahami konsep dari akuntansi itu sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kita akan bingung sendiri ketika belajar persamaan akuntansi . kalau kita mulai bingung dengan persamaan akuntansi turunan, kita lihat lagi persamaan umum dari akuntansi.
Untuk lebih jelas lagi akan saya upload contoh soal persamaan akuntansi di kesemaptan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►